SELAMAT DATANG DI BLOG INFORMASI SAFETY SAYA

Rabu, 17 September 2014

Istilah – Istilah Penyakit Dalam Hasil Medical Check Up (MCU)



Karies Gigi
Karies Gigi adalah kerusakan pada struktur jaringan keras gigi (email, dentin) yang diakibatkan sisa makanan manis diubah menjadi asam yang dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada plak gigi (Post line,2008).
Pre Hipertensi
Pre Hipertensi adalah tekanan darah di atas normal tapi belum masuk ke dalam hipertensi, jadi semacam antara. Tekanan darah pada prehipertensi adalah sistolik sebesar 120–139 mmHg dan/atau diastolik 80–89 mmHg. Dan merupakan suatu tanda peringatan bahwa anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi di masa yang akan datang.
Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang berada di atas normal yang di ukur oleh alat pengukur tekanan darah atau Sfigmomanometer. Seseorang di katakan memiliki tekanan darah tinggi jika hasil pengkuran sistolik dan diastolik terus menerus berada diatas kisaran 140/90 mmhg atau lebih.

Hipotensi
Hipotensi atau darah rendah merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun di bawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Adapun nilai normal tekanan darah seseorang secara umum adalah 120/80 mmHG.
Underweight
Underweight secara harfiah berarti berat badan rendah (kurus). Underweight dapat diartikan sebagai berat badan rendah akibat gizi kurang.
Obesitas
Obesitas atau kegemukan adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan.
Cerumen
Serumen adalah hasil produksi kelenjar seromusinosa yang terdapat di liang telinga luar, yang berguna untuk melicinan dinding liang telinga, dan mencegah masuknya serangga kecil ke liang telinga.
Myop (Rabun Jauh)
Myop atau rabun jauh adalah sebuah kerusakan refraktif mata di mana citra yang dihasilkan berada di depan retina ketika akomodasi dalam keadaan santai. Miopi dapt terjadi karena bola mata yang terlalu panjang atau karena kelengkungan kornea yang terlalu besar sehingga cahaya yang masuk tidak difokuskan secara baik dan objek jauh tampak buram.
Pharyngitis
Pharyngitis atau radang tenggorokan adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx). Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, disebabkan daya tahan yang lemah. Pharyngitis biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus.
Leucosituria
Leukosituria adalah suatu keadaan terdapatnya leukosit dalam urin yang melebihi nilai normal dan merupakan gejala utama peradangan pada ginjal dan saluran kemih.
Anemia
Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.
Edema
Edema adalah pembengkakan yang disebabkan oleh penimbunan cairan di dalam jaringan tubuh. Penumpukan cairan itu terjadi di bawah kulit pada bagian tertentu.
Laju Endap Darah (LED)
Laju Endap Darah adalah merupakan salah satu pemeriksaan rutin untuk darah untuk mengetahui tingkat peradangan dalam tubuh seseorang. Proses pemeriksaan sedimentasi (pengendapan) darah ini diukur dengan memasukkan darah kita ke dalam tabung khusus LED dalam posisi tegak lurus selama satu jam. Sel darah merah akan mengendap ke dasar tabung sementara plasma darah akan mengambang di permukaan. Kecepatan pengendapan sel darah merah inilah yang disebut LED. Atau dapat dikatakan makin banyak sel darah merah yang mengendap maka makin tinggi Laju Endap Darah (LED)-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar